ARTI TA’ARUF


Arti Taaruf

Allah SWT berfirman dalam Q.S. Al Hujurat: 13 yang artinya,

“Hai manusia, sesungguhnya kami telah menciptakan kalian dari seorang pria dan seorang wanita, lalu menjadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kalian saling mengenal (ta’arofu)….”.

Dari firman Allah di atas dijelaskan bahwa tujuan dari semua ciptaan Allah terutama manusia yaitu agar kita (manusia) semua saling mengenal satu sama lain.
Jika kita teliti, arti taaruf menurut bahasa berarti “berkenalan” atau “saling mengenal”. Arti taaruf ini berasal dari bahasa Arab dan berasal dari akar kata ta’aarafa.

Tujuan Taaruf

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa arti taaruf berarti proses mengenal antara laki-laki dan perempuan untuk mencari kecocokan sebelum proses pernikahan.

Pada prinsipnya, tujuan taaruf yaitu mencari jodoh yang sesuai, sekufu, dan diridhai Allah SWT. Tidak boleh ada niatan coba-coba atau sekedar iseng uji kelayakan dalam hal perjodohan.

Tata Cara Taaruf Sesuai Kaidah Islam

Setelah memperlajari arti taaruf, tentunya taaruf itu tidak dilakukan sembarangan, berikut ini tata cara taaruf:

Waktu pelaksanaan taaruf

Taaruf dilakukan ketika kita sudah benar-benar siap dan serius untuk menikah. Taaruf dilakukan dalam waktu hitungan minggu atau bulan saja sebelum pernikahan. Jadi, bukannya taaruf sekarang tapi nikahnya menunggu 5 tahun lagi atau bahkan 7 hingga 10 tahun lagi.

Persiapan taaruf

Persiapan lain yang perlu disiapkan yaitu berupa proposal atau CV taaruf yang merupakan data diri secara lengkap. Ini dimaksudkan agar masing-masing laki-laki atau perempuan dengan mudah mengenalnya.

 

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com