Cara Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Saat Golden Period


 

goldenage

 

Anak usia dini adalah periode emas (golden period) bagi perkembangan anak untuk memperoleh proses pendidikan. Berdasarkan penelitian, sekitar 50% dari kemampuan dan kecerdasan dewasa telah terjadi ketika berusia 4 tahun. 30% berikutnya terjadi ketika berumur 8 tahun, dan mencapai puncak ketika anak itu sekitar 18 tahun. Hal Ini berarti bahwa perkembangan terjadi dalam 4 tahun pertama kehidupan manusia.

Periode emas ini adalah periode kritis bagi anak-anak, dimana pertumbuhan yang diperoleh dalam periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya, sampai dewasa. Karenanya periode emas ini hanya datang sekali untuk dimanfaatkan secara optimal.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu anak Anda mengembangkan intelektual, dan membuat dia tumbuh cerdas:

1. Banyaklah Berperan Dalam Dunianya

Ini adalah zaman keemasan eksplorasi untuk anak Anda. Peran Anda pada tahap ini adalah untuk menjadi peserta atau pengamat, penyedia mainan, dan penyedia pujian untuk kinerja baik yang ditunjukkan anak Anda.

2. Perhatikan Perkembangannya

Bermain dengan anak Anda memperkuat hubungan baik jiwa maupun raga. Sel-sel otak bayi terus bertambah banyak ketika mereka berjalan, memanjat, menyentuh, merasakan, memanipulasi, melempar, dan dan melakukan percobaan dengan benda-benda bersama Anda atau siapapun yang menyayanginya. .

3. Berilah Tantangan

Ajarkan anak Anda untuk berusaha lebih keras – seperti membuat pendakian yang sulit, berjalan jauh, atau mencoba perosotan atau ayunan di taman bermain. Kegiatan-kegiatan yang menantang seperti ini membangun semangat anak Anda dan memperkuat rasa percaya dirinya. Di masa depan, ia akan tahu bagaimana untuk memiliki keberanian untuk membaca buku yang lebih sulit, tampil di depan orang, dan meraih prestasi.

4. Berikanlah Keamanan

Anak Anda ingin menjelajahi dunia, sebagaimana ia bergerak dengan cepat dan menghilang dari pandangan. Sehingga, sangat penting bagi Anda untuk menyediakan rumah yang aman bagi anak-anak. Anda atau orang lain harus selalu memperhatikan balita Anda dan membatasi kemungkinan dia mendapatkan masalah.

5. Berilah Pujian Dengan Tepat

Berilah pujian setiap kali Balita anda meraih hal yang baru. Hal ini membantu mengembangkan kecerdasan bawaan balita dan kemampuan mereka. Anak-anak yang dipuji karena upaya mereka di awal kehidupan cenderung bekerja lebih keras dan tidak mudah menyerah.

6. Bermainlah Dengannya

Bermain game dengan balita Anda dan terlibatlah dalam kegiatan yang menyenangkan bersamanya. Anak-anak yang mengingat pengalaman menyenangkan akan membawa serta komponen emosi hingga dewasa. Balita Anda belajar lebih baik ketika dia bermain dengan Anda.

7. Ketahui Ilmu Tentang Otak

Otak anak Anda tumbuh seperti spons selama tiga tahun pertama hidupnya. Selama periode kritis ini jalur saraf tipis tumbuh di dalam otak. Jalur-jalur ini laksana kabel yang menghubungkan dan membawa impuls listrik dari sel otak satu ke sel otak lainnya. Jaringan yang dihasilkan, yang tumbuh setiap hari di otak muda, membentuk dasar neurologis dari keterampilan yang akan digunakan anak Anda untuk sisa hidupnya. Pengalaman setelah lahir, dalam hubungannya dengan gen anak Anda, menentukan kualitas kabel di masa dewasa. Koneksi yang ada menantikan pengalaman baru yang membentuk jaringan saraf untuk bahasa, penalaran, pemecahan masalah, dan nilai-nilai moral. Pengalaman baru membangun dan menciptakan pola-pola baru serta jaringan untuk belajar lebih banyak. Koneksi yang digunakan berulang kali akan menjadi permanen. Sedangkan koneksi yang tidak digunakan akan dibuang.

8. Lejitkan Perkembangan Otaknya

Anda dapat membantu anak Anda melejitkan pengembangan otaknya dengan terlibat dalam permainan dan kegiatan yang menyenangkan bersamanya. Segala sesuatu yang Anda lakukan dengan anak Anda – bermain, berbicara, makan, berjalan, membaca, dan memeluk, akan membantu melejitkan otaknya. Bila Anda menggunakan imajinasi Anda dengan dia, misalnya, Anda membantu otak untuk membuat “jalur imajinasi” sendiri.

9. Berikanlah Diri Anda, Bukan Gadget

Anak-anak mengingat pengalaman yang memiliki komponen emosional. Lembut, penuh kasih yang menyenangkan dikombinasikan dengan bahasa responsif dari Anda menciptakan suasana belajar untuk tumbuh subur. Itulah mengapa, sangat penting bagi Anda untuk membuat ikatan dengan anak Anda dalam kegiatan tersebut. Lakukan hal bersama-sama demi meningkatkan pembelajarannya. Dengan memberikan diri Anda secara penuh akan lebih bermanfaat daripada membiarkan anak bermain sendiri dengan mainan berteknologi tinggi seperti tablet, video game, dan tv.

10. Belajarlah dari Orang Tua Lain

Mengobrollah dengan tetangga dan saudara untuk mengetahi bagaimana cara mereka mendidik anak-anak. Jika memungkinkan, bergabunglah dengan komunitas pengasuhan untuk mendapatkan inspirasi yang lebih luas lagi. Dengan berkomunitas, anda mendapatkan ide-ide dan inspirasi dari orang tua lain. Jangan ragu untuk membuat variasi pada permainan yang Anda dapatkan. Misalnya, “Perjalanan ke Taman” bisa menjadi “Perjalanan ke Pantai”, atau “Perjalanan ke taman”. Pastikan bahwa Anda bermain dengan anak Anda dalam lingkungan yang aman dengan menggunakan bahan yang aman.

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com