Cara Mensyukuri Nikmat Allah SWT


Ada banyak nikmat yang Allah SWT berikan kepada hamba-hambaNya, dalam 24 jam Allah SWT tidak pernah berhenti memberikan nikmat. Seperti nikmat sehat sehingga kita bisa menggerkan anggota badan kita untuk beraktivitas, nikmat harta sehingga kita bisa mencukupi semua kebutuhan hidup kita sehari-hari. Namun nikmat Allah SWT yang terbesar adalah nikmat Iman dan Islam.

Allah berfirman dalam surat An-Nahl ayat 18:

وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا إِنَّ اللَّهَ لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

“Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar maha pengampun lagi maha penyayang.”

Lantas, sudahkah kita bersyukur atas nikmat tersebut? atau kita termasuk orang yang kufur nikmat ? Padahal Allah SWT telah memerintahkan hambaNya untuk senantiasa bersyukur atas nikmat yang diberikan, sebagaimana firman Allah SWT;

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَاشْكُرُوا لِلَّهِ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman, makanlah diantara rezeki yang baik-baik yang kami berikan kepada kalian dan bersyukurlah kepada Allah SWT jika benar-benar kepadanya kalian menyembah.” (QS. Al-Baqarah : 172)

CARA MENSYUKURI NIKMAT ALLAH DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Dengan melaksanakan ketaatan kepada Allah SWT yaitu dengan cara menjalankan segala perintahNya dan meninggalkan segala laranganNya.

Allah mencintai orang-orang yang bersyukur. Bersyukur tidak hanya dengan mengucapkan Hamdallah saja, seorang hamba dapat dikatakan bersyukur jika memenuhi tiga hal, diantaranya;

1. Besyukur Dengan Hati

Bentuk bersyukur dengan hati adalah dengan meyakini dan mengakui bahwa semua nikmat tersebut adalah semata-mata dari Allah SWT, adapun peran manusia hanyalah sebagai perantara.

وَمَا بِكُمْ مِنْ نِعْمَةٍ فَمِنَ اللَّهِ

“Dan apa saja nikmat yang ada padamu, maka dari Allah-lah (datangnya).”

2. Bersyukur Dengan Lisan

Lisan yang senantiasa digunakan untuk berdzikir, seperti mengucapkan Alhamdulillah sebagai bentuk pujian atas nikmat Allah. Membicarakan kepada orang lain atas nikmat Allah berikan kepadanya adalah sebagai bentuk rasa syukur juga dan pengakuan kepada Allah.

3. Bersyukur Dengan Anggota Tubuh

Bersyukur dengan anggota tubuh artinya menggunakannya untuk melaksanakan berbagai ketaatan kepada Allah SWT dan tidak digunakan untuk kemaksiatan. Matanya ia gunakan untuk melihat hal hal yang baik, pendengarannya ia gunakan untuk mendengar sesuatu yang bermanfaat, dan anggota badannya ia gunakan untuk ibadah kepada Allah SWT, melaksanakan perkata-perkara yang telah diwajibkan Allah dan menjaga sunnah-sunnah Rasulullah.

Sumber:http://hasmidepok.org/motivasi-islam/cara-mensyukuri-nikmat-allah-dalam-kehidupan-sehari-hari.html

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com