EDUKASI MENABUNG SEJAK DINI


Menabung adalah pembelajaran yang efektif dalam berhemat, berencana dan sekaligus membangun masa depan. Orangtua harus menjelaskan kepada anak apa artinya menabung dan bagaimana caranya menabung dengan benar.

Orangtua harus aktif memberikan contoh dan sikap yang baik dalam hal membagi pola jajan, untuk hari ini dan untuk disimpan. Penting bagi orang tua untuk menghindari sikap hedonis, karena hedinime merupakan pemborosan yang membuat orang tua dan anak malas menabung.

1. Demi Masa Depan

Masa depan akan baik, kalau sejak dini anak berlaku baik, dalam arti hidup hemat, punya rencana dan tidak boros. Kepastian itu harus diwujudkan melalui tradisi menabung. Orang tua harus mengajak anak untuk “menahan diri” dari bujuk rayu jajanan. Sikap menahan diri dalam rangka menabung merupakan usaha, karena masa depan harus diusahakan dan ditentukan oleh diri sendiri. Hidup sederhana, dan tidak booros merupakan pilihan tindakan yang rasional. Hal ini harus diwujudkan dalam kehidupan rumah tangga. Pola asuh seperti ini dapat memperbesar peluang bagi anak untuk menciptakan rencana jauh ke masa depan sana, yang tentu tantangan dan permasalahannya akan jauh lebih berat dibandingkan saat ini.

2. Cara Mengajarkan Menabung Untuk Anak

Orang tua memberikan uang jajan setiap hari pada anak, dan cobalah berkomunikasi dengan menawarkan pada anak mana untuk jajan dan mana untuk ditabungkan. Setiap bulan atau enam bulan sekali anak sebagai Penabung harus tahu dan ditunjukkan kepadanya, bahwa jumlah tabungan mereka sampai bulan ini sudah sekian. Hal itu dijelaskan secara jujur dan transparan, supaya anak benar-benar percaya. Jika anak telah memasuki sekolah, (SD, SMP atau SMA) pola asuh seperti itu terus dilanjutkan.

3. Tips Untuk Orang tua Kepada Anak Dalam Memberikan Edukasi Finansial Sejak Dini:

  1. Memberikan motivasi kepada anak agar si anak semangat untuk menabung
  2. Agar lebih efektif lagi, Orant tua dan si anak bersama-sama memiliki tabungan yang berbeda
  3. Gunakan media tabungan yang ada dibuat menjadi menarik, seperti membuatnya dari kardus atau membeli celengan dengan bentuk hewan atau gambar kartun.

Sumber:http://zelously.blogspot.co.id/2014/09/pentingnya-edukasi-finansial-sejak-dini.html

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com