GERHANA BULAN


Bulan merupakan satelit bumi dimana keberadaannya selalu mengitari bumi. Hampir semua planet di galaksi kita ini mempunyai satelitnya masing- masing. Bahkan beberapa planet di tata surya memiliki satelit alam yang jumlahnya lebih dari satu. Dan satelit yang dimiliki planet bumi hanya berjumlah satu, yakni yang kita kenal dengan sebutan ‘bulan’ ini. Selain menjadi satelit bumi, bulan ini juga berperan sebagai sumber cahaya alami bagi bumi pada waktu malam hari dimana pada waktu malam hari matahari tidak kelihatan sinarnya untuk menerangi bumi. Cahaya yang bersumber dari bulan merupakan cahaya dari matahari yang mengenai bulan, sehingga bulan tampak seperti bercahaya pada waktu malam hari. sedangkan pada siang hari, bulan yang disinari oleh matahari terlalu kalah dengan sinar matahari yang mengenai bumi sehingga bulan tersebut menjadi tidak kelihatan.

Bulan yang kita lihat pada waktu malam hari, yang sekaligus menjadi sumber cahaya alami di malam hari ini terkadang terlihat aneh dan berbeda- beda pada setiap masanya karena setiap bulannya bulan ini mempunyai macam-macam fase, seperti :

1. Bulan baru ( ada tetapi tak terlihat) – adalah dimana sisi bulan yang berhadapan akurat dengan bumi tetapi tidak mendapat penyinaran apapun dari matahari. Akibatnya bulan ini ada tetapi cenderung sulit terlihat dari bumi.

2. Waxing crescent atau bulan sabit muda – Awalnya muncul dilangit sebagai bulan baru yang berbentuk seperti segaris batang kayu lalu perlahan berubah menjadi bulan sabit.

3. Third quartel 3 ( bulan kuartal 3) – Dimana posisi bulan hanya terlihat setengah bagian saja jika dilihat dari permukaan bumi.

4. Waxing Gibbous – Bentuk bulan yang mempunyai kecenderungan seperti setengah bulan berubah menjadi terlihat lebih besar pada permukaannya yang datar.

5. Bulan purnama atau bulan penuh – adalah dimana sisi bulan yang tepat berhadapan dengan bumi dan mendapatkan sinar matahari secara keseluruhan  ini terjadi ketika bulan berada disisi yang berlawanan dari bumi.

6. Wanning Gibbous atau bulan muda yang mengecil – Pada kuartal bulan ketiga bulan purnama yang terlihat dari bumi adalah setengah bulan terapi hanya terlihat setengahnya saja yaitu dari sisi kanan yang makin lama makin mengecil.

7. First Quartel (bulan kuartal satu) – Bulan paada kuartal satu bulan hanya terlihat setengah dan perlahan memghilang lalu muncul kembali dengan bentuk dan ukuran yang sama.

Fenomena Gerhana Bulan

Fenomena gerhana bulan merupakan fenomena tertutupnya bulan oleh bayangan dari bumi sehingga bulan akan nampak terkikis hingga akhirnya hilang seperti tidak terlihat lagi. Fenomena gerhana bulan ini terjadi ketika posisi bulan, bumi, dan matahari berada pada satu garis lurus. Dan posisi yang unik ini tidak terus- terusan terjadi namun hanya beberapa kali atau setiap periode saja. Bila kita nikmati dari sisi estetika atau keindahan, gerhana bulan ini adalah peristiwa yang indah sekali. Terlebih jika gerhana bulan terjadi pada saat kondisi langit sedang cerah. Hal ini akan dimanfaatkan banyak fotografer untuk mengabadikan momen berharga ini.

Proses Terjadinya Gerhana Bulan

Dimulai ketika bulan yang bersinar terang tiba-tiba tertutup sedikit demi sedikit oleh bayangan hitam yang tidak lain adalah bayangan dari bumi sendiri. Setelah itu lama-kelamaan bulan yang bulat tadi akan tertutup semakin lama semakin banyak hingga bulan hanya terlihat sebagian dan semakin lama bumi akan terlihat menyabit. Setelah mulai menjadi menyabit, lama- kelamaan bulan akan tampak menghilang karena tertutup penuh oleh bayangan bumi. Ketika saat inilah kita tidak dapat melihat bulan dan bulan seperti menghilang. Setelah bulan tertutup semua dan tampak seperti menghilang, kemudian kita akan menyaksikan bulan kembali muncul dari arah yang pertama kali bulan itu menghilang. Munculnya bulan ini dimulai dari bentuk bulan tersebut sabit, setelah itu bulan tersebut semakin lama akan semakin kelihatan dan menjadi setengah, dan semakin lama akan semakin utuh sehingga tampak lagi seperti semula.

Jenis Jenis Gerhana Bulan

1. Gerhana bulan total

Gerhana bulan total merupakan gerhana bulan dimana semua bagian dari bulan akan tertutup oleh bayangan bumi, sehingga bulan akan tampak tertutup semua. Gerhana bulan total ini dapat dibedakan lagi menjadi dua macam yakni gerhana bulan total dan gerhana bulan total +.

  • Gerhana bulan total adalah gerhana yang terjadi pada saat bulan berada tepat pada daerah NTT, dan pada saat yang demikian warna bulan menjadi merah namun warna merah tersebut tidaklah rata.
  • Gerhana bulan total + adalah gerhana yang terjadi pada saat bulan melalui titik pusat daerah umbra, dan pada saat ini warna bulan menjadi merah merata. Pada saat seperti ini bulan akan tampak menakjubkan sekaligus mengerikan jika dipandang dari bumi.

2. Gerhana bulan sebagian

Pada gerhana sebagian ini, bumi tidak seluruhnya menghalangi bulan dari sinar matahari. Sedangkan sebagian permukaan bulan yang lainnya berada di daerah atau area penumbra. Sehingga masih ada sebgaian dari sinar matahari yang sampai ke permukaan bulan dan dapat dilihat manusia dari bumi.

3. Gerhana bulan penumbra

Gerhana bulan penumbra berarti seluruh bagian bulan berada di bagian penumbra. Dengan demikian bulan masih dapat terlihat oleh manusia yang berada di bumi meskipun secara samar- samar dan dengan warna yang suram.

Cara Melihat Proses Terjadinya Gerhana Bulan

yakni dengan menggunakan alat- alat tertentu seperti teropong dan juga teleskop.

Fakta-fakta Menarik Seputar Gerhana Bulan Darah

Gerhana bulan darah sendiri merupakan gerhana bulan dengan warna bulan adalah merah menyala, sehingga nampak menakjubkan dan juga mengerikan. Beberapa fakta yang menyertai gerhana bulan darah antara lain:

  1. Disebut – sebut sebagai pertanda kiamat
  2. Blood Moon menjadi Super Moon
  3. Blood Moon ini tidak berbahaya

Sumber:https://ilmugeografi.com/fenomena-alam/gerhana-bulan

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com