GHIBAH


Ghibah artinya menyampaikan sesuatu yang terjadi pada seseorang yang jika orang yang dibicarakan tersebut mendengarnya akan merasa tidak suka. Mungkin karena menyampaikan kekurangan fisik, akhlak, keturunan, ucapan, dan perbuatan. Atau yang sering disebut ‘Menggunjing’.

Ghibah berarti suka membicarakan keburukan orang lain. Meskipun yang dibicarakan adalah benar, bukan berarti kita boleh menyampaikannya semau sendiri, terlebih jika itu merupakan berita buruk.

Rasulullah SAW melarang keras perbuatan Ghibah (Menggunjing), bahkan menyamakannya dengan perbuatan memakan daging saudaranya sendiri.

Hadits Tentang Ghibah

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ قَالَ : أَتَدْرُوْنَ مَا الْغِيْبَةُ ؟ قَالُوْا : اللهُ وَ رَسُوْلُهُ أَعْلَمُ، قَالَ : ذِكْرُكَ أَخَاكَ بِمَا يَكْرَهُ، فَقِيْلَ : أَفَرَأَيْتَ إِنْ كَانَ فِيْ أَخِيْ مَا أَقُوْلُ ؟ قَالَ : إِنْ كَانَ فِيْهِ مِا تَقُوْلُ فَقَدِ اْغْتَبْتَهُ, وَ إِنْ لَمْ يَكُنْ فِيْهِ مَا تَقُوْلُ فَقَدْ بَهَتَّهُ
“Dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda. ‘Tahukah kamu apa itu menggunjing?’ Para sahabat menjawab ‘Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui’. Beliau mengatakan ‘Kamu menyampaikan sesuatu yang tidak disukai oleh saudaramu.’ Ada yang bertanya, ‘Bagaimana jika yang saya sampaikan itu merupakan (kenyataan) yang terjadi pada diri saudaraku itu?’ Nabi SAW berkata ‘Jika yang kamu sampaikan itu benar terjadi pada saudaramu, berarti kamu telah menggunjingnya. Jika tidak terjadi pada dirinya, berarti kamu telah berbuat dusta terhadapnya.” (HR. Muslm dari Aisyah r.a)

Menjauhi Ghibah Dalam Kehidupan

Larangan Ghibah (menggunjig) membuktikan bahwa Islam menganjurkan umatnya agar menjaga lisan. Betapa banyak perselisihan terjadi oleh berita yang tidak benar. Ketentraman terusik oleh perbuatan ghibah. Kejahatan yang disebabkan oleh ghibah sungguh menyakitkan.
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghindari ghibah. Kita dapat menghentikan pembicaraan ketika pembicaraan tersebut mengarah pada perbuatan ghibah. Selanjutnya berdzikir dan beristighfar guna memohon ampun dan perlindungan Allah SWT. Cara lain yang dapat dilakukan adalah tidak berkumpul dengan orang-orang yang memiliki kebiasaan ghibah. Dengan berusaha untuk menghindari perilaku ghibah kita berharap terhindar dari murka Allah SWT.
Sumber:http://walpaperhd99.blogspot.co.id/2016/01/ghibah-pengertian-dan-contoh-ghibah.html

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com