HABLUMINALLAH WA HABLUMINANNAS


Islam memiliki ajaran yang membentangkan dua bentuk hubungan yang harmonis, yaitu:

1. Habluminallah

Habluminallah adalah tata hubungan yang mengatur antara manusia dengan Tuhannya dalam hal ibadah (ubudiyah)

2. Habluminannas

Habluminannas adalah tata hubungan yang mengatur antara manusia dengan makhluk yang lainnya dalam wujud amaliyah sosial.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 112:

ضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الذِّلَّةُ أَيْنَ مَا ثُقِفُوا إِلَّا بِحَبْلٍ مِنَ اللَّهِ وَحَبْلٍ مِنَ النَّاسِ وَبَاءُوا بِغَضَبٍ مِنَ اللَّهِ وَضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الْمَسْكَنَةُ ۚ ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ كَانُوا يَكْفُرُونَ بِآيَاتِ اللَّهِ وَيَقْتُلُونَ الْأَنْبِيَاءَ بِغَيْرِ حَقٍّ ۚ ذَٰلِكَ بِمَا عَصَوْا وَكَانُوا يَعْتَدُونَ

“Mereka diliputi kehinaan dimana saja mereka berada, kecuali jika mereka berpegang kepada tali (agama) Allah dan tali (perjanjian) dengan manusia dan mereka kembali mendapat kemurkaan dari Allah dan mereka diliputi kerendahan. Yang demikian itu karena mereka kafir kepada ayat-ayat Allah dan membunuh para Nabi tanpa alasan yang benar, yang demikian itu disebabkan mereka durhaka dan melampaui batas.”

Dalam ayat tersebut diberitakan bahwa jalan keluar dari segala malapetaka adalah membangun kembali habluminallah dan habluminannas.

Habluminallah menurut bahasa berarti hubungan dengan Allah SWT. Namun dalam pengertian syariah makna Habluminallah adalah perjanjian dari Allah, maksudnya adalah masuk islam atau beriman dengan islam sebagai jaminan keselamatan bagi mereka di dunia dan di akhirat. Tetapi kita juga butuh Habluminannas, mengingat kita adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surat An-Nisa ayat 36:

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu bapak, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, Ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.”

Ayat tersebut mengandung dua bentuk akhlak, yaitu akhlak kepada Allah yang ditunjukkan dengan perintah agar kita menjalin hubungan baik kepada Allah dengan cara tidak menyekutukan-Nya dengan yang lain. Dan akhlak terhadap sesama manusia yang ditunjukkan dengan perintah berbuat baik kepada kedua orang tua, karib terdekat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, orang yang dalam perjalanan dan hamba sahaya.

Sumber:http://www.makalahkuliyah.tk/2016/01/makalah-hablumminallah-dan.html

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com