Indahnya Perbedaan


Banyak yang berpikiran bahwa perbedaan diantara dua orang atau lebih bisa memunculkan berbagai persoalan. Banyak juga orang yang berpikiran bahwa dengan adanya perbedaan di tengah-tengah masyarakat atau lingkungan akan menjadikan lingkungan itu tidak nyaman dan tidak ada ketentraman.

Munculnya pemikiran bahwa perbedaan itu sering menimbulkan berbagai persoalan adalah karena adanya rasa cemburu dan ketidak harmonisan diantara mereka yang mempunyai perbedaan, dan hal ini bisa menimbulkan suatu permasalahan yang besar dan dapat menjadikan permasalahan yang turun-temurun.

Jika kita perhatikan kehidupan masyarakat yang berada pada lingkungan yang mempunyai berbagai perbedaan khususnya dalam lingkup agama dengan lingkungan yang seluruh msyarakatnya adalah satu agama, banyak pemikiran yang akan muncul baik dari lingkungan yang beragam agama maupun yang satu agama dilingkungan itu.

Dari sisi negatif jika kita lihat bahwa perbedaan agama itu memang sangat sensitif. Perbedaan agama ini dapat menimbulkan permasalahan yang berujung pertumpahan darah dan penyelesaiannya kerap sulit dilakukan karena di dalam perbedaan agama akan muncul lagi perbedaan lain diantaranya perbedaan pemikiran yang berdasarkan kitab sucinya masing-masing.

Permasalahan mengenai perbedaan agama jika kita lihat kebelakang mungkin sudah beribu kasus yang terjadi khususnya di Indonesia ini. Tapi terkadang kita sangat sulit untuk belajar dari masa lalu yang mungkin sudah memakan korban jiwa akibat pesoalan dari perbedaan agama.

Masyarakat masih lebih sering menonjolkan kepercayaannya dari pada mengutamakan keharmonisan dan ketentraman diantara umat yang berbeda agama dengannya. Mereka sulit untuk berfikir bahwa sebenarnya jika berbagai perbedaan di suatu lingkungan itu adalah sangat indah. Mereka lebih domain egois terhadap kepercayaannya masing-masing, hal ini lah salah satu penyebab utama pengalaman sebelumnya idak pernah menjadi suatu pelajaran di tengah-tengah masyarakat yang berbagai perbedaan.

Awal persoalan diantara penganut agama yang berbeda sebenarnya sangat sepele. Tetapi hal itu menjadi persoalan yang besar karena merasa direndahkan oleh penganut agama yang berbeda.

Manusia yang sudah betul-betul dewasa dalam iman tidak akan pernah memperbesarkan suatu masalah khususnya masalah dalam lingkup agama, secara otomatis kita seharusnya bisa saling mengerti dan saling memahami diantara berbagai perbedaan, serta saling mendukung antara satu agama dengan agama yang lainnya.

Jika kita sadari secara seksama, kita akan mendapatkan apa sebenarnya yang dinamakan perbedaan yang indah itu. Kita akan mengerti seberapa pentingnya kita hidup bersama orang yang berbeda agama dengan kita.

Indonesia yang sekarang memiliki 6 agama yang telah di sahkan oleh pemerintah yaitu:

  1. Islam
  2. Kristen Protestan
  3. Katolik
  4. Hindu
  5. Budha
  6. Kong Hu Cu

Indonesia yang kaya akan perbedaan seharusnya kita bangga dan berusaha bersama untuk menjaga ciri dari negara kita itu, bukan memutar balikkan keadaan dengan menimbulkan berbagai persoalan yang terjadi.

Perlu kita sadari bahwa pada dasar negara yaitu pancasila sila pertama disebutkan Ketuhanan Yang Maha Esa telah dijelaskan bahwa Indonesia memiliki agama yang beragam dan saling menganut agama dan kepercayaanya masing-masing. Jelas kita ketahui perbedaan yang beragam akan tetap dilindungi oleh pemerintah dan dijamin juga dalam UUD 1945 pasal 29.

Untuk tetap mempererat tali persaudaraan diantara berbagai agama yang berbeda perlu kita tanamkan dalam diri kita masing-masing rasa hormat menghormati dan rasa memiliki. Hal ini akan menjamin keselarasan dan keharmonisan diantara berbagai penganut agama yang berbeda.

Mari mulai sekarang tumbuhan rasa persaudaraan diantara seluruh penganut agama dan jauhkan diri kita dari perpecahan antar agama, karena hal itu akan menyia-nyiakan kita sendiri. Capai tujuan agamamu dan hormati agama orang lain, itu akan menjadi indah dalam perbedaan yang kita miliki.

Sumber:https://www.kompasiana.com/arioneuodia/perbedaan-itu-indah_55186188a333117c07b66429

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com