KEUTAMAAN SHALAT ISTIKHARAH


Pengertian dan Keutamaan Shalat Istikharah | Pengertian shalat istikharah adalah salah satu dari beberapa shalat sunnah yg dilaksanakan utk meminta sebuah petunjuk kepada Allah SWT. Biasanya orang-orang yg sedang merasa ragu disaat dihadapkan pada sebuah pilihan, seperti misalnya ketika seseorang harus memilih pasangan hidup atau jodoh, memilih tempat pekerjaan atau mungkin tempat sekolah.

Dengan kita mengerjakan shalat istikharah, maka atas izin dari Allah SWT kita akan mendapatkan jawaban atas permasalahan yg sedang kita hadapi. Namun cara shalat isttikharah yang anda lakukan itu harus penuh dengan ke khusyuan kepada Allah SWT, agar apa yg menjadi permasalahan kita tersebut bisa mendapatkan jawaban. Adapun untuk tata cara shalat istikharah sebenarnya sama dengan shalat pada umumnya.

Dan waktu shalat istikharah sendiri dpt dikerjakan kapan saja, namun alangkah baiknya jika mengerjakan shalat istikharah itu pada waktu seperti malam yg terakhir. Sama seperti kita mengerjakan shalat tahajud. Dimana pada waktu tersebut, merupakan waktu paling tenang. Karena kebanyakan orang pada jam tersebut tengah beristirahat dengan pulas, sehingga ke khusyuan kita dalam mengerjakan shalat bisa lebih lagi.

Keutamaan Melaksanakan Shalat Istikharah

Ada beberapa keutamaan shalat istikharah yang bisa kita dapatkan jika kita laksanakan dengan baik dan kelurusan niat. Berikut adalah 6 keutamaan dari melaksanakan shalat istikharah saat terjadi dilema dalam memilih.

1. Menyerahkan Hasil Pada Allah

Sekali kali tdk akan menimpa kami melainkan apa yg telah ditetapkan oleh Allah bagi kami. Dialah pelindung kami, dan hanya kepada Allah-lah orang-orang yg beriman harus bertawakal” (QS At Taubah: 51)

Dengan shalat istikharah kita akan benar-benar berharap dan menyerahkan hasil yang terbaik kepada Allah. Untuk itu, istikharah adalah mengharapkan hasil yang benar-benar sesuai dengan keridhoan Allah. Terkadang tanpa shalat dan menghadap Allah manusia memaksakan diri untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan dirinya. Padahal sesuatu yang kita inginkan belum tentu yang terbaik.

Tanpa menyerahkan dan bertawaqal kepada Allah, biasanya manusia akan benar-benar memaksakan diri meraih yang sesuai dengan dirinya. Tapi sebetulnya membutuhkan bimbingan Allah, dan keterbukaan diri untuk bisa memilih mana yang terbaik. Untuk itu istikharah sangat dibutuhkan bagi kita dalam memilih.

2. Menenangkan Diri

Shalat istikharah juga bisa menenangkan diri kita. Saat terjadi masalah dan harus melakukan pilihan, biasanya kita terlalu tergesa-gesa. Tergesa-gesa tentu saja tidak baik dan dapat membuat kita salah dalam memilih. Justru yang dibutuhkan saat memilih adalah bagaimana kita mendapatkan hasil yang terbaik dan berpikir di saat pikiran jernih.

Pikiran yang tidak tenang tentu akan berdampak kepada hasil yang juga salah. Pilihan yang benar dan baik tentu dihasilkan dari ketenangan diri dan kejernihan kita dalam berpikir. Saat tidak tenang biasanya kita panik dan terlalu tergesa-gesa. Padahal, jika menenngkan diri kita bisa lebih bijak melihat masalah dan benar-benar terbuka. Untuk itu shalat istikharah sangat dibutuhkan agar diri kita tenang dan lebih bijak melihat pilihan.

 

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com