MAKNA KESUKSESAN


Jika kita mengalami kegagalan dalam melakukan sesuatu ,dan kegagalan itu terjadi berkali-kali, jangan sampai kita menyerah dan berputus asa. Setiap orang pasti tidak ada yang mau mengalami kegagalan. Tapi hal itu tak bisa dihindari , karena jika ingin sukses kita harus mengalami kegagalan terlebih dahulu.

Sesungguhnya kegagalan itu adalah awal dari kesuksesan. dengan kegagalan secara tidak langsung kita telah mendapatkan banyak pelajaran. Kita mengenal arti sabar, arti bangkit kembali, dan arti berjuang. Ketika mengalami kegagalan pasti saja kita sedih , tetapi jangan sampai kesedihan itu  berlarut larut. Jika kita terus meratapi kegagalan , lalu kapan kita akan mendapat kesuksesan?  ketika mengalami kegagalan kita harus segera bangkit kembali, terus bekerja keras dengan keoptimisan dalam diri kita.

Orang yang sukses itu tak pernah menakuti kegagalan. Saya yakin setiap orang yang sukses dimuka bumi ini meraih kesuksesan nya dengan penuh perjuangan dan dibalik semua itu pasti mereka sempat atau bahkan sering kali mengalami kegagalan. Tidak mungkin kesuksesan diraih dengan cara instan dan tanpa kerja keras.  Karena kesuksesan itu hanya untuk jiwa yang penuh kerja keras, penuh kesabaran dan keoptimisan. Kesuksesan tidak akan datang pada jiwa yang bermalas malasan.

Dibawah ini ada Beberapa cara yang dapat dilakukan jika kita ingin meraih kesuksesan dengan berbisnis, berikut caranya:

  1. Tentukan ide usaha. Sesuaikan usaha yang akan dibuka dengan kemampuan, minat atau bakat yang kita miliki, namun tanpa meninggalkan faktor peluang pasar yang ada pada masyarakat. Banyaknya pengusaha sukses, karena mereka memilih bidang usaha yang mereka sukai. Sehingga kita akan selalu berusaha mengembangkan bisnis yang kita miliki, dengan perasaan senang hati tanpa ada kejenuhan ataupun rasa bosan yang sering muncul. Selain itu dapat juga memulai usaha baru yang belum pernah ada di pasaran sehingga terkesan unik dan menarik, atau membuka usaha yang telah banyak dipasaran namun memiliki peluang pasar yang masih besar.
  2. Ciptakan visi dan misi usaha. Sebuah usaha harus mempunyai visi dan misi yang jelas, sehingga tujuan dan langkah usaha tersebut dapat terstruktur dengan baik untuk menunjang pengembangan usaha yang dibangun.
  3. Action. Sebaik apapun ide usaha yang kita punya, tidak akan pernah menjadi usaha yang sukses jika kita tidak segera bertindak. Mulailah usaha yang kita rencanakan dengan penuh keyakinan dan ketekunan, karena menjalankan sebuah usaha hingga mencapai kesuksesan membutuhkan perjuangan dan perjalanan yang cukup panjang dengan kerja keras yang harus dijalankan.
  4. Selalu belajar dan lakukan pengamatan. Amati pengusaha yang telah sukses dengan bidang yang sama, bila usaha kita tergolong baru amatilah strategi manajemen yang mereka gunakan. Hal penting lainnya yaitu perdalam pengetahuan mengenai semua hal yang berhubungan dengan bisnis yang kita jalankan, agar produk kita bisa lebih inovatif.
  5. Hadapi dan nikmati hambatan atau kegagalan. Membangun sebuah usaha hingga sukses tidaklah mudah, adanya hambatan serta resiko kegagalan hampir selalu membayangi setiap usaha. Untuk itu sebaiknya kita harus selalu berpikiran positif terhadap hambatan serta kegagalan yang ada, karena dalam tiap kesulitan akan ada kemudahan jika kita mau bekerja keras. Tanpa kita sadari, dalam keadaan terdesak kreativitas seseorang akan meningkat untuk mencari solusi dari masalah yang ada. Oleh karena itu, hadapi serta nikmati hambatan usaha karena akan menguatkan mental usaha kita dan menambah kemampuan kita dalam membangun usaha.

Jadi kesimpulan nya jangan takut oleh kegagalan, sebab tanpa kegagalan kita tidak akan pernah mencapai kesuksesan.