MEMAKNAI ARTI IKHLAS


Ikhlas adalah sikap perbuatan yang timbul karena adanya keinginan sendiri, bukan karena perintah atau paksaan orang lain. Jika mengerjakan sesuatu karena mengharap imbalan dari suatu pihak tertentu maka belum termasuk ikhlas. Misalnya, mengerjakan salat karena ingin dipuji oleh orang tua, orang lain, atau pacar dan mengharap pujian yang lain berarti ibadah salat tersebut tidak ikhlas, bahkan tidak mendapatkan pahala karena termasuk perbuatan “riya“.

Sikap iklas sangat pentinmg di miliki oleh manusia atau setiap muslim, sebab hidup ini akan terasa ringan bila mana kita ikhlas akan sesuatu hal yang sudah Allah tentukan dan takdirkan kepada kita.Perilaku iklas memiliki manfaat untuk orang melakukannya seperti .

  • Persaan senang dan ringan bila kita menegerjakan sesuatu hal dengan tulus dan ikhlas.
  • Bekerja tanpa beban dan paksaan terasa ringgan , karena mememrintah hati nurani bukan paksaan dari orang lain.
  • Mengerjakan dengan sunggu-sungguh dengan penuh tanggung jawab.
  • Tidak berharap pujian dan sanjungan dari orang lain.
  • Tidak mengharapkan ibalan balik dari apa yang kita lakukan
  • Melakukan dengan penuh pengabdian.

Allah SWT. menyeru kita untuk selalu ikhlas dalam beramal, khususnya dalam beribadah kepada Allah SWT. Sebagaimana dalil alam firman-Nya:

 إِنَّآ أَنزَلۡنَآ إِلَيۡكَ ٱلۡكِتَٰبَ بِٱلۡحَقِّ فَٱعۡبُدِ ٱللَّهَ مُخۡلِصٗا لَّهُ ٱلدِّينَ . أَلَا لِلَّهِ ٱلدِّينُ ٱلۡخَالِصُۚ

Artinya: “Sesungguhnya Kami menurunkan Kitab (Al-Qur’an) kepadamu (Muhammad) dengan (membawa) kebenaran. Maka sembahlah Allah dengan tulus ikhlas beragama kepada-Nya. Ingatlah! Hanya milik Allah agama yang murni (dari syirik) ….” (Q.S. Az-Zumar: 2-3)

Bentuk dan contoh perilaku ikhlas

Iklas artinya bersih dan tulus dalam melakukan sesuatu hal, tanpa memngharapakan imbalan atau balasan dari apa yang kita kerjakan, berharap mendapat ridho dari Allah Swt semata.

  • Ikhlas dalam ucapan

Artinya ucapan yang disampaikan dengan tulus tanpa ada dusta di dalamnya, tanpa bermaksud orang lain celaka,dan tidak karena terpaksa.

  • Ikhlas dalam perbuatan

Maksudnya perbuatan yang tulus tanpa pamrih tanpa dan sepenuh hati. Orang yang ikhlas dalam beramal dan berbuat sesuatu tidak pernah gelisah akan subuah pujian atau sanjungan dari seseorang kepadanya, tidak meras terpaksa dan terbebani atas apa yang dikerjakan karena selalu mengerjakan dengan senang hati tulus dan ikhlas.

Cara membiasakan diri berperilaku terpuji ikhlas
Bersikap perilaku ikhlas merupakan suatu perbuatan yang amat terpuji dan harus dipegang teguh oleh setiap muslim. Oleh sebab itu, hendaknya kita mulai membiasakan diri berperilaku ikhlas dalam setiap ucapan dan perbuatan Berperilaku ikhlas sesungguhnya tidak sulit, jika terasa berat itu hanyalah bisikan setan yang selalu menggoda manusia agar tidak melakukan perbuatan baik.

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com