Membordir


Membordir

 

 

Bordir menggunakan tangan yang disebut dengan sulam, Namun dengan kemajuan teknologi dan perkembangan zaman bordir kini menggunakan mesin bordir manual bahkan sekarang mesin bordir dengan menggunakan komputer. mesin bordir komputer lebih canggih pekerjaannya.

  • Gunting

Dalam membordir ada berbagai macam gunting yang dapat membantu dalam pembuatan bordir adalah gunting lain.

  • Bahan Bordir

Dalam membordir dibutuhkan bahan sebagai pelengkap dalam pembuatan bordir.

 

Bahan-bahan yang digunakan untuk membordir antara lain :

  1. Kain atau bahan

kain yang digunakan dalam membuat bordir dapat terbuatdari bahan alami maupun sintetik baik yang polos maupun bermotif. jenis kain yang digunakan diantaranya adalah:

  1. Benang

Benang bordir terdiri dari beberapa macam dan bervariasi baik dari segi warna maupun bahan yang digunakan seperti katun, nilon , sutra, dan sebagainya dengan warna polos maupun yang bercorak.

  1. Kertas

Kertas digunakan untuk menggambar motif bisa digunakan adalah kertas roti karena selain tidak mudah sobek, juga tahan lama.

 

Mesin tersebut kerjanya digerakkan oleh kaki. Mesin jahit manual dapat digunakan untuk menjahit biasa dan untuk membordir maka mesin ini harus dilepas sepatu dan gigi mesinnya. Kedua, Mesin bordir yaitu mesin yang spesifik untuk membuat bordir. Mesin tersebut proses kerjanya di gerakkan dengan motor yang biasa disebut nesin bordir High Speed. ketiga, adalah mesin bordir komputer untuk mendapatkan bentuk-bentuk motif yang diinginkan mesin bordir komputer proses kerjanya diatur sesuai program.

 

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung8

No Hp 081-221-24-03

Telepon 022 – 520 673