MENCARI JATI DIRI


Cara Mencari Jati Diri

Lalu bagaimana cara menemukan jati diri yang sebenarnya? Untuk cara mencari jati diri kita yang sebenarnya adalah gampang-gampang susah, gampang bagi mereka yang memang sudah mengenal dengan baik dirinya sendiri dan susah bagi mereka yang tidak tahu dirinya sendiri serta yang terbiasa meniru orang lain.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena dibawah ini akan kami sampaikan bagaimana tips menemukan jati diri sesungguhnya dengan mudah dan cepat. Simak saja selengkapanya dalam pembahasan cara mencari jati diri sesungguhnya berikut ini.

1. Memeriksa Diri Sendiri

Jati diri tidak akan bisa kita ketahui bila kita sendiri tidak bisa mengenali diri kita sendiri. Lakukan pemeriksaan terhadap diri Anda sendiri, identifikasi diri atau yang sering disebut intropeksi diri.  Sambil melakukan hal tersebut, cobalah untuk mengingat segala sesuatu tentang diri anda saat masih kecil, tentang keahlian Anda pada waktu anda kecil. Karena hal tersebut memiliki kaitan yang sangat besar dengan jati diri Anda di saat dewasa.

2. Mengingat Masa Lampau

Tidak ada salahnya jika Anda masih menyimpan masa lalu, baik itu positif maupun negatif. Anda akan mengetahui bakat anda dahulu seperti apa. Suatu hal yang sangat Anda sukai merupakan bakat alami anda, seperti contohnya bakat menulis, tidak tertutup kemungkinan bahwa Anda dapat menjadi seorang penulis di masa depan.

3. Percaya pada Diri Sendiri

Percaya pada diri sendiri adalah kunci utama jika Anda ingin menenukan jati diri sesungguhnya. Dengan kepercayaan diri, kita akan mampu mengetahui sebesar manakah kapasitas kita dan apa kekurangan pada diri kita. Hal ini akan bermanfaat ketika Anda ingin mengetahui jati diri Anda yang sebenarnya.

4. Tujuan yang Jelas

Berbicaralah dengan suatu kejelasan tujuan. Hal ini akan menjadikan sebuah semangat tentang tujuan kita menjalani kehidupan tanpa ragu mengambil keputusan yang memang dikatakan baik oleh hati kecil kita, karena hati kecil tidak pernah bohong dan selalu berada pada koridor kebenaran.

5. Proporsional

Kurangi dan gali segala sesuatu sampai pada dasar intisarinya. Selidikilah segala sesuatu hingga pada akarnya. Selanjutnya, kita selalu dapat menguraikannya kembali. Mengetahui intisari sesuatu membantu kita menyatukan sesuatu itu dengan tujuan hidup kita.

6. Kembangkan Kreatifitas

Segala sesuatu yang kita jalani tentulah berawal dari ide kreatif. Baik itu dari orang lain maupun dari diri sendiri. Namun usahakanlah untuk menumbuhkan intuisi dan kreativitas itu dalam diri Anda, hingga kita benar-benar dapat menjalani hidup dengan selaras.

7. Ilmu Spiritual

Kenali dan sadari Anda adalah pribadi yang penting dan unik. Lakukan meditasi, atau duduk tenang di kesunyian, dan nikmati saat-saat itu. Baca buku-buku keagamaan atau panduan kepribadian yang membawa pesan positif dan membuat Anda merasa kuat. Serta jangan lupa untuk bersyukur kepada Sang Maha Pencipta.

8. Memaafkan

Maafkan seluruh bagian diri Anda, atas segala kekurangan dan ketidaksempurnaan. Maafkan diri Anda untuk semua kesalahan yang pernah Anda buat di masa lalu, maafkan ketakutan masa kecil Anda, maafkan emosi dan kemarahan masa remaja Anda, maafkan masa dewasa awal Anda yang tak mau mengambil resiko. Maafkan kesalahan orang tua Anda, saudara kandung, kerabat dan orang-orang di masa lalu. Lepaskan segala beban, karena mema’afkan akan menimbulkan kedamaian hidup.

9. Hilangkan Keburukan

Berhentilah untuk menilai dan menyalahkan. Jangan melontarkan kritikan pada orang lain ataupun diri sendiri. Ucapkan kata-kata yang memberi dorongan pada diri dan semua orang yang Anda jumpai. Terima orang lain apa adanya, lengkap dengan segala perbedaan yang mereka miliki. .

10. Menumbuhkan Rasa Cinta

Cintai diri Anda dan gunakan kata-kata positif untuk memberi dorongan. Puji orang lain dengan tulus dan buat mereka tersenyum. Bicaralah dengan penuh kasih dan ketulusan dari dasar hati.

 

 

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com