Mendidik Anak Menurut Islam


Mendidik anak menurut islam sebetulnya cukup mudah. Allah memberikan nikmat kepada umat-Nya sudah tidak terhitung jumlahnya. Jika kita menghitung jumlah nikmat yang di berikan oleh Allah dapat di pastikan jumlah jari yang ada di dunia ini tak mampu mencukupi. Di antara berbagai nikmat yang di berikan oleh Allah tersebut salah satunya adlah anak . Allah Swt. Telah berfirman dalam Q.S Al-Kahfi ayat 46, Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia. Namun perlu kita ketahui bahwa nikmat berupa anak tersebut merupakan amanat dan juga tanggung jawab. Pada hari akhir nanti orang tua akan di mintai pertanggung jawaban mengenai anak-anaknya. Apakah orang tua telah menjaga anak mereka dengan baik ? untuk itu penting di ketahui, setiap orang tua harus mendidik anak mendidik anak mereka dengan baik terutama dengan nilai agama dan moral yang baik sehingga amanat yang di berikan oleh Allah Swt. Bisa kita pertanggung jawabkan.

Cara mendidik anak melalui pemahaman Agama :

  • Mengajarkan sholat

Cara mendidik anak menurut islam yang penting adalah mengajarkannya mendirikan sholat. Sholat merupakan indikasi pertama atas iman kepada Allah Swt. karena sholat mengandung berbagai faedah. Ajarkan anak terhadap kewajiban mendirikan sholat sejak dini. Jangan memintanya mendirikan sholat tapi ajaklah ia bersama-sama mendirikan sholat sehingga ia akan terbiasa dengan hal tersebut.

 

  • Membaca Al-Qur’an
    Jika anak masih berada dalam kandungan, bacakan ayat-ayat suci Al-Qur’an agar anak memiliki bekal ilmu sejak berada dalam kandungan. ketika anak masih bayi, bacalah Al-Qur’an di dekatnya agar ia terbiasa mendengar. Jika sejak dini anak terbiasa mendengar lantunan ayat suci Al-Qur’an maka kelak ia juga akan terbiasa melaksanakan hal serupa. Apa yang terekam dalam benak anak sejak dini juga akan terbawa hingga ia dewasa kelak.
  • Memberikan Nama yang Baik untuk Anak

Anak adalah doa. Mungkin kita pernah mendengar pepatah tersebut. Maka akan sangat bijak jika Anda memilih nama yang baik untuk anak. Kita bisa memilih nama anak semisal dari nama para nabi

 

SUMBER :

https://dalamislam.com/hukum-islam/anak/cara-mendidik-anak-menurut-islam

 

Pabrik Tas di Indonesia

 

Konveksi Tas Idola Sebagai

 

Pengrajin Tas

 

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

 

Seminar

 

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

 

Bandung

 

No Hp 081-221-248-03

 

Telepon 022 – 520 6738