DOA YANG BELUM TERKABULKAN


Inilah-Kenapa-Doa-Kita-Tidak-Dikabulkan-Oleh-Allah

 

Setiap manusia pasti mempunyai harapan dan doa-doa yang setiap hari ia panjatkan kepada allah swt. Namun dari beberapa doa tersebut mungkin ada yang belum sempat allah kabulkan. Kita sebagai manusia hanya bisa bersabar dan terus memanjatkan doa tersebut dengan penuh kepercayaan bahwa Allah pasti mengabulkan doa kita. Tetapi kadang manusia suka menyerah dan putus asa ketika doa yang ia panjatkan belum juga dikabulkan, padahal ia rajin berdoa dan beribadah kepada allah. Akhirnya orang tersebut berhenti untuk berdoa dan beribadah karena permintaan nya tak dikabulkan.  Hal itu sangatlah buruk. Allah tidak menyukai orang yang mudah menyerah. Boleh jadi alah belum mengabulkan doa kita karena waktunya belum tepat. Atau allah tidak mengabulkan doa kita karena menurut Allah hal yang kita minta itu tidaklah baik.

Mungkin kita sebagai manusia beranggapan hal yang kita minta adalah hal yang baik bagi kita, namun mungkin bagi Allah itu adalah hal yang buruk. Dan begitu pula sebaliknya. Hal yang menurut kita buruk boleh jadi justru baik bagi Allah.

Allah maha mengetahui , sedangkan manusia tidak.

Lalu bagaimana agar doa yang kita panjatkan kepada Allah cepat terkabul? Tentu perlu diperhatikan adab-adab dalam berdoa, yaitu:

  1. Memperhatikan waktu mustajab dalam berdoa. 
    Seperti saat bulan Ramadhan, antara adzan dan iqomah, sepertiga malam terakhir, disaat hujan, ketika puasa menjelang waktu berbuka.

“Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun” (HR Al Hakim)
“Keadaan terdekat antara hamba dengan Tuhannya adalah ketika sujud. Maka perbanyaklah berdoa.” (HR. Muslim)
“Allah turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman, ‘Siapa yang berdoa kepada-Ku, Aku kabulkan, siapa yang meminta, akan Aku beri, dan siapa yang memohon ampunan pasti Aku ampuni’.” (HR.Muslim)

  1. Menghadap kiblat dan mengangkat kedua tangan.
    Seperti dalam sebuah hadist.. Rosulullah bersabda: Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala Maha pemalu lagi Maha pemurah terhadap seorang hamba yang mengangkat kedua tangannya (berdoa), kemudian kedua tangannya kembali dengan kosong dan kehampaan (tidak dikabulkan)
  2. Berdoa dengan suara lirih, khusyu’, dan rendah diri.
    Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. (QS: Al-Araf:55)
  3. Berprasangka baik pada Allah, yakin bahwa doa akan dikabulkan Allah.
    Berdoalah kepada Allah dan kalian yakin akan dikabulkan. Ketahuilah, sesungguhnya Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai, dan lengah (dengan doanya).” (HR. Tirmidzi)
  4. Tidak tergesa-gesa dalam pengharapan terkabulnya doa.
    Dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah saw. bersabda: “Akan diijabahi doa kalian, jika tidak tergesa-gesa. Sungguh kamu telah berdoa, maka atau kenapa tidak diijabahi?” (Imam Bukhari).
    Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahawa Rasulullah bersabda “ Akan dikabulkan (doa) seseorang di antara kalian selama dia tidak tergesa-gesa, yaitu dia berkata aku telah berdoa namun belum dikabulkan bagiku“

 

Namun perlu diingat jika permintaan dan doa-doa kita masih belum dikabulkan mungkin menurut Allah hal itu buruk bagi kita.  Jangan sampai kita memaksakan permintaan tersebut kepada allah. Allah selalu memberikan apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita minta.allah lebih mengetahui apa yang kita butuhkan, dan apa yang terbaik bagi kita. Percayalah setiap yang allah berikan kepada kita adalah hal yang terbaik. Dan jika doa doa kita telah dikabulkan maka bersyukurlah berterimakasih kepadanya. Jangan sampai setelah doa kita dikabulkan kita jadi melupakan allah. Kita harus selalu mendekatkan diri kepada allah baik sedang suka ataupun duka.  Jangan berdekat diri kepada allah saat kita ada mau nya saja.

Kita harus selalu ingat pada Alah , dimanapun dan kapanpun. Jangan lupa selalu panjatkan rasa syukur atas nikmat allah yang telah ia berikan kepada kita selama ini. Jangan sampai kita meminta sesuatu kepada Allah dengan cara yang memaksa dan mengancam. Berdoalah dengan sangat lembut, penuh kesabaran, serta memuji Allah. Insyaallah allah akan mengabulkan permintaan kita. Tapi jika allah tidak mengabulkan itu tandanya menurut allah permintaan itu tidak baik bagi kita.  Pasti allah akan memberikan hal yang jauh lebih baik dari hal yang kita minta.

 

 

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com