Menjaga Komunikasi Dalam Keluarga


Komunikasi dalam keluarga dapat disamakan dengan peran jantung dalam tubuh. Sama seperti jantung yang memompa darah ke seantero tubuh, komunikasi memompa kehidupan ke seantero keluarga. Jadi, seberapa sehatnya keluarga dapat diukur dari seberapa sehatnya komunikasi dalam keluarga.

Komunikasi merupakan sesuatu yang harus di bina, sehingga anggota keluarga merasakan ikatan yang dalam serta saling membutuhkan. Komunikasi keluarga adalah suatu pengorganisasian yang menggunakan kata-kata, sikap tubuh, intonasi suara, tindakan untuk menciptakan harapan image, ungkapan perasaan, serta saling membagi pengertian.

Komunikasi merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan dalam keluarga. Bukan tanpa alasan, keluarga menjadi kelompok sosial pertama dan tempat belajar sebagai makhluk sosial. Dengan adanya komunikasi, permasalahan yang terjadi diantara anggota keluarga dapat dibicarakan dengan mengambil solusi terbaik.

Ada berbagai cara yang dapat orang tua terapkan dalam keluarga guna menjaga komunikasi bagia setiap anggota keluarga, misalnya:

1. Pergi Berlibur Bersama

Ini adalah cara untuk menghabiskan waktu dengan keluarga serta dapat menjalin kedekatan antara satu dengan yang lain.

2. Menciptakan Tradisi Dalam Keluarga

Misalnya makan bersama. Salah satu momen terbaik untuk memulai komunikasi dengan santai adalah saat makan bersama , karena semuanya kumpul dalam satu meja makan dan saat itulah mereka bisa berkomunikasi.

3. Memanfaatkan Teknologi

Walaupun masing masing anggota keluarga terlalu sibuk dengan kegiatannya sendiri, orang tua tetap bisa menjaga komunikasi dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti telfon, video call dan lain sebagainya. Dengan cara ini, orang tua bisa mengontrol atau memantau kegiatan yang dilakukan anak.

Dengan menjaga komunikasi yang baik dengan setiap anggota keluarga, maka diharapkan juga mengurangi berbagai resiko dari pergaulan bebas dan hal negatif lainnya. Karena orang tua dapat terus menjalin ikatan yang kuat antara orang tua dan anak serta dapat meningkatkan kualitas hubungan mereka dalam keluarga.

Penting untuk orang tua dalam memberikan komunikasi yang efektif agar anak lebih bertanggung jawab, diantaranya:

  • Dapat membangun kejujuran pada anak
  • Dapat mencegah konflik
  • Dapat mencegah bullying
  • Anggota keluarga akan terbiasa mendengarkan

Sumber:http://dalduksulbar.com/wp/pentingnya-komunikasi-di-dalam-keluarga/

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com