Pengaruh Negatif Gadget Pada Anak


Pada zaman modern seperti saat ini, kebanyakan anak sudah mengenal bahkan mahir menggunakan gadget. Disini orang tua sangat berperan penting dalam kebijakan memberi gadget kepada anak. Jika digunakan dengan bijak maka gadget akan bermanfaat sebagai media pembelajaran, namun jika tidak bijak dalam mengontrolnya maka pengaruh gadget sangat berbahaya.

Setiap orangtua harusnya tau kapan waktu yang tepat untuk memberikan gadget kepada anak.

Beberapa Pengaruh Gadget Terhadap Anak:

1. Bahaya Radiasi

Paparan radiasi dari gadget sangat berbahaya bagi kesehatan dan perkembangan anak. Radiasi gadget sangat beresiko mengakibatkan gangguan terhadap perkembangan otak dan sistem imun anak.

2. Menyebabkan Kecanduan

Hal ini berdampak negatif bagi perkembangan fisik dan motorik anak. Kecanduan gadget juga berdampak terhadap kepribadian anak sehingga lebih cenderung memiliki sifat tertutup dan tidak bersosialisasi.

3. Hambatan Terhadap perkembangan

Hal ini terjadi karena anak-anak yang asyik bermain gadget jarang bergerak sehingga menghambat proses pertumbuhan.

4. Penyakit Mental

Penggunaan gadget yang tidak terkontrol dan terus menerus bisa menjadi salah satu pemicu penyakit mental seperti depresi, gangguan bipolar dan autis.

5. Obesitas

Hal ini terjadi karena anak cenderung kurang gerak sehingga terjadi penumpukkan lemak tubuh yang mempercepat kenaikan berat badan secara berlebihan.

6. Gangguan Tidur

Jangan memberikan gadget pada anak di malam hari, karena bisa mengakibatkan gangguan tidur sehingga berdampak terhadap tumbuh kembangnya.

7. Pengaruh Tayangan

Terkadang anak-anak membuka situs online yang mempertuntunkan tayangan yang tidak seharusnya untuk melihat mereka. Oleh karena itu, orangtua harus bersikap bijak dan sebaiknya tidak memberikan koneksi internet pada waktu si kecil menggunakan gadget.

Untuk mencegah dampak negatif gadget terhadap perkembangan anak, orangtua sebaiknya menerapkan aturan yang pasti. Salah satunya dengan membatasi penggunaan gadget maksimal 2 jam setiap harinya. Lalu, berikan pengawasan pada anak pada waktu menggunakan gadget sehingga dengan begitu sikecil akan lebih terkontrol dan tidak menyalahgunakan gadget.

Sumber:http://www.solusisehatku.com/pengaruh-negatif-gadget-terhadap-kesehatan-dan-perkembangan-anak

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com