Pentingnya Menjaga Kesehatan Tubuh


Kesehatan tubuh adalah kondisi dimana seseorang hidup sehat tanpa ada rasa sakit, sehat secara fisik dan sehat secara mental. Ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan tubuh, diantaranya adalah:

  1. Sarapan pagi

Sarapan sangat penting karena pada pagi hari kondisi perut kita kosong karena telah diproses saat kita istirahat dimalam hari yaiut sekitar 7 sampe 8 jam. Telah disepakati oleh beberapa ahli bahwa sarapan yang paling baik dilakukan sebelum jam 9 pagi. Apabila kita tidak sarapan maka tubuh akan cenderung lemas, letih, lesu, serta susah untuk berpikir jernih.

  1. Olahraga

Lakukan olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh kita dan lakukan secara rutin, jangan melakukan olahraga yang terlalu berat dan berlebihan karena itu tidak baik untuk kesehatan tubuh. Jika tidak bisa melakukan olahraga di tempat fitness, lakukanlah dengan hal yang ringan seperti lari pagi atau jogging, lakukan setiap pagi minimal 30 menit sebelum beraktivitas.

  1. Mengkonsumsi air putih

Idealnya, konsumsi air putih yang dianjurkan oleh para ahli nutrisi adalah sekitar 8 gelas sehari, jumlah ini adalah jumlah minimal. Perbanyak juga asupan buah dan sayuran. Buah dan sayuran adalah sumber vitamin, mineral, protein, serat, dan zat gizi lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Ada beberapa manfaat air putih untuk tubuh, diantaranya;

  • Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh
  • Mengontrol kalori dalam tubuh
  • Meningkatkan energy
  • Membantu mengeluarkan racun dalam tubuh
  • Membantu menjaga fungsi ginjal agar tetap baik
  • Meningkatkan produktivitas dalam tubuh
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Melancarkan system peredaran darah
  • Mengobati sakit kepala.
  1. Hindari Stress

Kondisi kejiwaan yang stess akan berpengaruh pada kualitas kesehatan fisik tubuh kita, jadi tak hanya kesehatan psikis saja yang yang terganggu melainkan kesehatan fisik juga. Upaya dalam mencegah dan menghindari stress diantaranya melakukan refreshing dengan cara pergi berlibur, berkumpul bersama keluarga atau sahabat-sahabat, menyalurkan hobi, mengurangi kuantitas kerja, dll.

  1. Hindari rokok

Asap rokok yang terhisap dan masuk ke dalam paru-paru akan membuat organ ini terkontaminasi oleh adanya zat racun yang disebut nikotin. Apabila dibiarkan dan tidak dikurangi maka zat racun tersebut akan terus menumpuk hingga mengganggu dan bahkan menggagalkan fungsi organ paru-paru.

  1. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol adalah salah satu penyebab timbulnya beberapa penyakit kronis dalam tubuh kita seperti kanker, Alkohol juga sangat tidak baik untuk wanita karna dapat merusak janin dan menghambat kehamilan.

  1. Penuhi makanan yang berserat

Makanlah makanan yang mengandung serat untuk menjaga tubuh dari serangan bakteri, karena serat sangat bermanfaat untuk merangsang kelancaran pengeluaran kotoran dari dalam tubuh kita melalui aktivitas saluran usus. Ada beberapa makanan yang mengandung serat tinggi, diantaranya;

  1. Buah Kiwi. Kandungan serat dalam buah kiwi 3,0 gram / 100 gram serat.
  2. Kacang Merah. Selain mengandung serat tinggi, kacang merah juga mengandung protein dan zat besi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.
  3. Buah Alpukat. Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung serta dapat menurunkan kolesterol.
  4. Jagung adalah makanan yang dapat menggantikan nasi atau makanan pokok karena kandungan karbohidrat didalamnya.
  5. Selain mengandung serat tinggi, buncis juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh serta mencegah serangan penyakit jantung atau kanker.
  6. Konsumsi oatmeal untuk sarapan sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Oatmeal juga merupakan makanan kaya serat dengan tipe khusus sebagai makanan untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh, meningkatkan system kekebalan tubuh yaitu seratnya bernama beta glucan.
  7. Kacang Polong. Satu cangkir kacang polong mengandung 16,3 gram serat.

 

  1. Mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna.

Makanan 4 sehat 5 sempurna meliputi;

  • Nasi, Merupakan makanan pokok sebagai sumber karbohidrat
  • Lauk, Sebagai sumber protein
  • Sayur, Sebagai sumber mineral
  • Buah, Sebagai sumber vitamin
  • Susu, Sebagai penyempurna kebutuhan untuk meningkatkan energi dan memenuhi kebutuhan tulang kita sehingga menjadi sehat.

Untuk mendapatkan menu makanan 4 sehat 5 sempurna tidak harus dengan biaya mahal.

  1. Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan instan

Makanan instan sangat bersahabat bagi kita yang sibuk dengan aktivitas seperti pekerja kantor atau mahasiswa. Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan instan karena banyak kandungan zat kimia di dalamnya seperti natrium polifosfat, natrium karbonat, kalium karbonat, zat lilin serta pewarna makanan yang semua zat tersebut tidak baik jika terlalu sering masuk kedalam tubuh kita.

  1. Kurangi minum kopi

Kopi mengandung bahaya kafein yang jika dikonsumsi dalam kadar yang banyak akan menimbulkan efek negatif pada kesehatan tubuh. Kandungan kafein yang tinggi didalam kopi dapat memperlambat kinerja jantung.

  1. Hindari kebiasaan bergadang.

Hindarilah bergadang karena akan membuat kondisi tubuh menjadi kurang sehat dan tidak fit karena angin malam tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Akibat bergadang malam dapat menyebabkan banyak penyakit pada tubuh kita, seperti;

  1. Sistem kekebalan tubuh melemah
  2. Penyakit jantung, diabetes, stroke, tekanan darah tinggi dan sakit kepala
  3. Masalah berat badan
  4. Bisa terjadi kerusakan sel-sel saraf dalam jangka panjang.

Sumber:http://www.hadikreatif.xyz/2017/12/pentingnya-menjaga-kesehatan-tubuh.html

Pabrik Tas di Indonesia

 

Konveksi Tas Idola Sebagai

 

Pengrajin Tas

 

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

 

Seminar

 

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

 

Bandung

 

No Hp 081-221-248-03

 

Telepon 022 – 520 6738

 

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

 

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com