Pentingnya Menjaga Lisan


Pentingya Menjaga Lisan

Begitu pentingnya lisan bagi seorang muslim sehingga lisan dikaitkan dengan iman yang lurus. Lisan dapat menembus apa yang tak bisa di tembus oleh benda tajam. Menjaga lisan juga menjadi salah satu yang menjaga kita dari seluruh kejahatan. menjaga lisan adalah pangkal dari segala kebaikan, lisan mencerminkan kualitas keimanan seseorang. Lisan seseorang yang berakal berada dibawah kendali hatinya, sebaliknya orang bodoh, harinya berada dibawah kendali lisannya. Menjaga lisan akan membuat hari kita bersih mengangkat derajat kita dalam pandangan Allah, mendapat jaminan dari Rasulullah SAW untuk masuk ke surga, meringankan hidup kita dan menghindarkan kita dari bahaya dan bencana.

Hal Menjaga Lisan :

  • Berkata hanya yang benar dan bermanfaat
  • Jangan berkata bohong
  • Berpikir dulu sebelum berbicara
  • Diam adalah awal ibadah
  • Berkatalah sesuai tempatnya
  • Bertutur dengan lemah lembut
  • Memohon Ampunan
  • Senantiasa berzikir

Keutamaan Menjaga Lisan

  1. Memiliki kedudukan tinggi sebagai muslim

Keutamaan menjaga lisan yang pertama yakni menjadikan kita sebagai seorang muslim yang berkedudukan tinggi di mata Allah Ta’ala. Dengan menjaga lisan kita akan terhindar dari perkataan-perkataan dosa yang bisa berujung pada dosa.

  1. Dijanjikan surga

Orang-orang yang mampu menjaga lisannya dari ucapan buruk dan tidak berguna juga dijanjikan surga oleh Allah SWT. Sebagaimana dijelaskan dalam suatu hadist:

 

  1. Dijauhkan dari neraka jahannam

Untuk pembicaraan yang tidak jelas maslahatnya, atau mungkin ia tidak memiliki ilmu dalam bidang tersebut, maka sebaiknya seorang hamba diam saja. Berbicara sesuatu yang salah atau buruk justru membuat ia terjerumus ke dalam neraka jahannam.                                                          

  1. Dijauhkan dari kebinasaan

Rasulullah SAW menjelaskan bahwa orang-orang yang berbicara tanpa berpikir dan tidak mampu menjaga lisannya, maka ia akan binasa di akhirat. Bahkan wajahnnya akan tersungkur dalam neraka.

  1. Meningkatkan iman

Seseorang yang banyak diamnya dan tak suka mengumbar ucapan yang sia-sia, biasanya ia lebih sering menghabiskan waktunya untuk berpikir. Apabila ia berpikir tentang kebesaran Allah SWT, mengingat akan nikmat yang telah didapat, mengingat kematian, maka kadar keimanannya pun juga akan bertambah.

 

SUMBER :

https://ayuriskaamelia.wordpress.com/about/pentingnya-menjaga-lisan/

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

 

Telepon 022 – 520 6738