Pentingnya Menutup Aurat


Secara syariat, aurat adalah bagian tubuh yang haram dilihat dan wajib ditutup. Aurat bagi muslimah adalah semua bagian tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangannya. Dijelaskan dalam Al-qur’an surat An-Nur ayat 31:

وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا ۖ وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ ۖ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الْإِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَىٰ عَوْرَاتِ النِّسَاءِ ۖ وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِنَّ ۚ وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Katakanlah kepada wanita yang beriman “Hendaklah mereka menahan pandangan dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) nampak daripadanya (wajah dan telapak tangan). Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya) kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau saudara-saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita muslimah, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita), atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka menghentakkan kaki (atau tangan)nya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kalian kepada Allah SWT wahai orang-orang yang beriman agar kalian beruntung”.

Dalam ayat tersebut menegaskan 4 hal, diantaranya:

  1. Perintah untuk menahan pandangan dari yang diharamkan oleh Allah SWT
  2. Perintah untuk menjaga kemaluan dari perbuatan yang haram
  3. Larangan untuk menampakkan perhiasan kecuali yang biasa nampak
  4. Perintah untuk menutupkan khimar ke dada
  5. Kewajiban menutup seluruh tubuh wanita kecuali wajah dan kedua telapak tangan
  6. Pakaian yang tipis tidak memenuhi syarat untuk menutup aurat

Ada beberapa alasan wanita enggan menggunakan jilbab:

  1. Jilbab tidak menarik
  2. Takut durhaka pada orang tua yang melarangnya menggunakan jilbab
  3. Merasa gerah dan panas
  4. Takut tidak istiqomah
  5. Takut tidak laku
  6. Ingin menampakkan tubuh yang indah
  7. Belum mendapat hidayah
  8. Belum waktunya

AURAT DAN JILBAB

Rasulullah SAW bersabda:

“Ada dua golongan penghuni neraka yang aku belum pernah melihatnya; Laki-laki yang tangan mereka menggenggam cambuk yang mirip ekor sapi untuk memukuli orang lain dan wania-wanita yang berpakaian namun telanjang dan berlenggak lenggok, kepalanya bergoyang-goyang bak punduk unta. Mereka itu tidak masuk surga dan tidak pula mencium baunya. Padahal sesungguhnya bau surga itu bisa tercium dari jarak sekian dan sekian.” (HR Muslim)

Sumber:https://nuriyah016.wordpress.com/2014/03/14/pentingnya-menutup-aurat-bagi-perempuan/

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com