Problem Solving di Lingkungan Kerja


Problem solving merupakan memecahkan masalah secara terus menerus agar menghasilkan produk yang berkualitas.

Ketika melakukan suatu pekerjaan pasti selalu melibatkan problem solving dalam kegiatan sehari-hari demi mencapai tujuan perusahaan. Karena itu pentingnya pemahaman problem solving khusunya dalam pengelolaan pekerjaan, dimana setiap permasalahan selalu mengintai siapapun yang melalaikan aturan dan prosedur perusahaan. Yang harus dihindari dalam pemecahan masalah adalah timbulnya sebuah kesalahan yang sama.

Adapun tehnik yang paling efektif dalam mengidentifikasi suatu akar penyebab timbulnya masalah  sebagaimana yang telah diterapkan dalam konteks manajemen Toyota yang dikenal dengan TPS adalah dengan menggunakan metoda PDCA (Plan-Do-Check-Action)

a)      PLAN (Merencanakan)

Merencanakan langkah-langkah spesifik dari melakukan identifikasi masalah yang ada sehingga menjadi tindakan untuk memperbaiki keadaan menjadi lebih baik.

b)      DO (Melakukan tindakan)

Menetapkan tindakan-tindakan perbaikan yang di rencanakan. Lalu mengaplikasikan sesuai kesepakatan yang telah ditetapkan/dilakukan.

c)      CHECK (memeriksa hasil)

Melakukan pemeriksaan untuk memastikan rencana tersebut berjalan dengan baik  sehingga masalah yang sama tidak terulang kembali setelah itu fokus ke perbaikan yang selanjutnya.

d)     ACT (Tindakan)

Tindakan untuk mengaplikasikan, mendokumentasikan dan mempertahankan rencana kerja untuk menghindari rintangan yang timbul. Dan menghindari masalah yang baru.

Adapun Faktor-faktor penyebab terjadinya masalah :

  1. Tenaga kerja
  2. Mesin dan peralatan
  3. Metode kerja
  4. Bahan baku dan bahan penolong
  5. Media
  6. Motivasi
  7. Keuangan

Kesimpulannya dengan menggunakan metode problem solving dilingkungan kerja merupakan salah satu solusi terbaik, tidak hanya dalam lingkungan kerja saja tetapi dalam lingkungan lain dapat kita aplikasikan misalnya di lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah.

 

 

Pabrik Tas di Indonesia
Konveksi Tas Idola Sebagai
Pengrajin Tas
Alamat Produsen Tas pembuat Tas
Seminar
Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59
Bandung
No Hp 081-221-248-03
Telepon 022 – 520 6738
www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id
Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com