Tujuan dan Peran Akuntansi Biaya


Tujuan dan Peran Akuntansi Biaya

Tujuan dan Peran Akuntansi Biaya

Seperti yang dikemukakan oleh Mulyadi (2012:7) kegunaan akuntansi biaya memiliki tiga peran yaitu :

  1. Penentuan Kost Produk

Untuk memenuhi tujuan penentuan kos produk, akuntansi biaya mencatat, menggolongkan, dan meringkas biaya-biaya pembuatan produk atau penyerahan jasa. Umumnya akuntansi biaya untuk penentuan kos produk ini ditunjukan untuk memenuhi kebutuhan pihak luar perusahaan. Disamping itu, penentuan kos produk juga ditunjukan untuk memenuhi kebutuhan management.

  1. Pengendalian biaya

Pengendalian biaya harus didahului oleh penentuan biaya yang seharusnya dikeluarkan untuk memproduksi satu satuan produk. Jika biaya yang seharusnya ini telah ditetapkan, akuntansi biaya bertugas untuk memantau apakah pengeluaran biaya yang sesungguhnya sesuai dengan biaya yang seharusnya tersebut. Akuntansi biaya untuk tujuan pengendalian biaya ini lebih ditunjukan untuk memenuhi kebutuhan pihak dalam perusahaan.

  1. Pengambilan keputusan khusus

Pengambilan keputusan khusus menyangkut masa yang akan datang.Oleh karena itu informasi yang relevan dengan pengambilan keputusan khusus selalu berhubungan dengan informasi yang akan datang. Untuk memenuhi kebutuhan managemen dalam pengambilan keputusan, akuntansi biaya pengembangan berbagai konsep informasi biaya seperti : biaya kesempatan (opportunity cost), biaya hipotesis (hypothetical cost), biaya tambahan (incremental cost), biaya terhindarkan (avoidable cost), dan pendapatan yang hilang (fogone revenues).

 

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*