CARA MENGENDALIKAN EMOSI


Perasaan emosi pada umumnya pasti dimiliki setiap orang. Perasaan sedih, marah, bahagia, semuanya diberikan tuhan pada umatnya karena mempunya manfaat yang luar biasa bagi kehidupan, tinggal kita yang bisa mengendalikannya atau tidak.

Rasa bahagia merupakan sebuah ungkapan perasaan yang umum terjadi dan banyak yang tidak mempermasalahkannya. Berbeda dengan ketika diberi kesedihan, jarang ada yang betah menerimanya, dan dari kondisi demikian suka timbul rasa emosi. Meskipun diwaktu bahagia pun rasa emosi pasti akan selalu ada.

Mungkin akan berbeda ketika emosi diwaktu senang dan sedih, dalam hal ini jika tidak bisa mengontrol maka akan sulit terkendalikan. Mengendalikan emosi bukanlah perkara yang mudah, maka dari itu diperlukan sebuah metode tersendiri dalam memanajemen sehingga terbangun cara pengendalian emosi yang cerdas.

Dalam mengontrol emosi perlu dilakukan langkah-langkah sehingga perasaan tersebut bisa terkontrol dengan baik, misalnya ketika rasa marah sudah terpancing pertama yang harus dilakukan adalah ‘Diam’, jangan biarkan mulut kita mengeluarkan kata-kata yang tidak sopan. Terkadang hal ini terjadi secara refleks, namun namun sebenarnya masih bisa di kontrol atau di kendalikan. Selanjutnya ambil nafas panjang dari rongga hidung kemudian tahan 10 detik lalu buang lewat mulut. Mengapa demikian ? Karena ketika orang marah aliran darah naik ke atas, tapi ketika tarik nafas oksigen akan masuk ke ruang otak sehingga membuat kita menjadi rileks dan tenang. Ketika kondisi sudah tenang, otomatis otak bisa berpikir dengan jernih.

Emosi terjadi hanya kepada orang-orang yang lemah, karena orang yang cerdas akan berpikir lebih panjang akan dampak yang terjadi, manfaat serta mudharatnya.

Cara Mengendalikan Emosi Dengan Cerdas:

  1. Berbagi perasaan yang timbul dari seseorang pada umumnya berpangkal dari pikiran. Ketika pikiran seseorang negatif maka cenderung perasaan seseorang tersebut menjadi negatif, Begitupun sebaliknya. Jadi, mengendalikan pikiran adalah langkah awal dari mengendalikan perasaan.
  2. Biasakanlah memberi kesempatan kepada pikiran untuk mengambil keputusan. Semakin seseorang mahir menyerahkan keputusan kepada pikiran,semakin sehat pula emosinya. Akal lah yang harus mengendalikan perasaan, bukan perasaan yang mengendalikan akal.
  3. Emosi negatif adalah sinyal bahwa ada yang tidak beres dalam diri seseorang. Ketika suasana hati menjadi tidak nyaman, cobalah untuk menenangkan diri, berbagi kepada sahabat, istirahat, berdo’a atau mendengarkan musik yang disukai.
  4. Pertanyakanlah dengan tegas keyakinan-keyakinan yang salah, misal : siapa bilang masalah yang kita hadapi tidak ada jalan keluarnya?
  5. Pertanyakanlah dengan kritis perasaan-perasaan negatif yang dirasakan, misal: apakah masalahnya begitu gawat sehingga seseorang harus marah besar?
  6. Kendalikan reaksi anda terhadap situasi yang tidak menyenangkan, misal : ketika ada yang menyalip motor dengan tiba-tiba, anda bisa memilih untuk marah atau tetap tenang. Jika anda marah anda bisa dikatakan sebagai orang yang reaktif dan emosional, namun jika anda tetap tenang artinya anda bisa menguasai diri anda dengan baik.
  7. Perasaan bukan masalah benar atau salah. Manusiawi sekali jika seseorang merasa senang, sedih, kecewa. Yang penting kita tidak larut dalam perasaan-perasaan negatif itu dan tidak mengambil keputusan-keputusan penting disaat suasana hati sedang kacau.
  8. Hidupkanlah perasaan-perasaan yang menyenangkan sesering mungkin termasuk untuk hal-hal yang kita inginkan tercapai. Misalnya ketika akan bertemu dengan seseorang yang kita cintai.
  9. Belajarlah mengucap syukur dalam segala keadaan. Hati yang penuh dengan ucapan syukur akan membuat hidup lebih ringan, pikiran lebih jernih dan perasaan lebih nyaman. Sehingga mengendalikan perasaan bukan lagi beban yang berat.

Segala sesuatu dimulai dari pikiran. Kontrol pikiran kita, berpikir secara benar akan membuahkan tindakan benar, sedangkan berpikir salah akan membuahkan tindakan salah.

Sumber:https://ikiopo.com/cara-mengendalikan-emosi-yang-cerdas-seharusnya-begini

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com