Dampak Perubahan Sosial Akibat Modernisasi & Globalisasi


Dampak Perubahan Sosial Akibat Modernisasi & Globalisasi – Perubahan sosial akibat dari modernisasi dan globalisasimemiliki dampak dalam kehidupan masyarakat. Dampak tersebut ada yang bersifat negatif dan ada pula yang bersifat positif.

Dampak perubahan sosial yang bersifat positif

Perubahan tata nilai dan sikap. Terjadinya difusi dan inovasi dalam kebudayaan dapat mengubah nilai dan sikap masyarakat yang semula irasional menjadi rasional.

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat dirasakan masyarakat mendorong makin maju dan membaiknya tingkat kehidupan.

Tingkat kehidupan yang lebih baik. Jika diperhatikan. kehidupan manusia dan masyarakat dari waktu ke waktu mengalami peningkatan. Peningkatan yang dapat dilihat dan dirasakan langsung adalah sistem teknologi. Banyaknya penemuan baru mempermudah masyarakat dalam pekerjaannya. Teknologi tradisional yang banyak dipakai oleh masyarakat banyak yang diganti dengan teknologi modern karena kenyataan dapat memperingan usaha manusia. Meningkatnya produksi yang dihasilkan akan membawa pada peningkatan kehidupan yang lebih baik.

Dampak perubahan sosial yang bersifat negatif

Pola kehidupan konsumtif. Kemampuan daya beli masyarakat yang meningkat membuat para pengusaha memproduksi segala macam barang kebutuhan.

Sikap individualistik. Persaingan hidup yang makin ketat dan keras mengakibatkan nilai-nilai kemanusiaan mengalami pergeseran nilai. Budaya gotong royong dan tolong menolong lebih bersifat fungsional yang disalurkan melalui lembaga resmi atau yayasan. Sikap individualistik ini sangat terasa dilingkungan masyarakat perkotaan. Masyarakat yang ada di perkotaan jarang bersosialisasi dengan tetangga. Mereka telah disibukkan dengan urusan pekerjaan sehingga komunikasi antar individu dalam kelompok tersebut tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Gaya hidup kebarat-baratan. Kebudayaan yang berpengaruh di masyarakat tidak hanya yang berasal dari budaya negara sendiri atau daerah sendiri. Mereka juga mendapat pengaruh budaya luar, antara lain budaya barat. Nilai-nilai budaya barat tidak sepenuhnya berpengaruh positif tetapi ada juga yang berpengaruh negatif, seperti gaya hidup kebarat-baratan dan pola hubungan anak terhadap orang tua.

Kesenjangan sosial. Perubahan kebudayaan akan menimbulkan kesenjangan sosial jika perubahan itu hanya dinikmati oleh kelompok orang. Kelompok orang yang menikmati perubahan cenderung memiliki kemampuan sosial ekonomi yang lebih baik daripada yang tidak menikmati.

Selain proses modernisasi dan globalisasi, ada juga proses yang disebut reformasi. Reformasi adalah suatu proses perbaikan atau penataan ulang terhadap faktor-faktor rehabilitasi yang terdapat dalam masyarakat. Reformasi tidak menekankan pada pencegahan atau pembentukan pranata-pranata baru dalam masyarakat, akan tetapi lebih pada usaha-usaha mengembalikan arah dan tujuan yang selama ini lebih banyak diwarnai oleh penyimpangan pada pelaksanaan lembaga-lembaga kemasyarakatan tersebut.

 

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com