Manfaat Air Putih


Menurut Robert J. Kodoatie, Air merupakan material yang membuat kehidupan terjadi di bumi. Sehingga disimpulkan bahwa air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan di muka bumi ini.

Fungsi air dalam kehidupan tidak dapat digantikkan oleh senyawa lainnya. Kekurangan air untuk 15% dari berat badan dapat mengakibatkan kematian yang diakibatkan oleh dehidrasi. Karenanya orang dewasa perlu meminum minimal sebanyak 1,5 – 2 liter perhari untuk keseimbangan dalam tubuh dan membantu proses metabolisme.

Tubuh sangat membutuhkan banyak cairan karena lebih dari 70% cairan terdapat di dalam tubuh. Cairan tersebut bisa kita peroleh dari mengkonsumsi air putih, minuman yang paling sehat dan tidak membahayakan.

Manusia dapat kehilangan cairan tidak hanya saat buang air kecil (BAK), namun juga saat berkeringat, bernapas, dan buang aing besar. Beberapa tanda yang dapat membantu dalam mengenali tubuh yang kekurangan cairan, antara lain sakit kepala, merasa kurang berenergi, dan warna urine yang gelap atau tidak sebanyak biasanya.

Manfaat Air Putih

1. Mencegah Dehidrasi dan Rasa Haus

Jika tidak minum air putih maka akan terjadi dehidrasi atau disebut kekurangan cairan yang bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas. Bagi ibu yang sedang hamil, dehidrasi merupakan masalah masalah yang paling utama yang biasa di alami. Sehingga dianjurkan minum air putih yang cukup setiap harinya untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan dapat mengurangi terjadinya penumpukan cairan yang disebabkan oleh kurang lancarnya peredaran cairan dalam tubuh.

2. Memperlancar Buang Air Besar

Air putih adalah solusi bagi seseorang yang mengalami sembelit atau susah buang air besar, terutama di pagi hari. Maka dari itu, perbanyaklah minum air putih di pagi hari saat bangun tidur.

3. Menjaga Fungsi Ginjal

Menurut penelitian, penyebab utama gangguan ginjal adalah kekurangan cairan atau yang sering kita dengar dengan istilah kurang minum. Perlu kita ketahui, ginjal memproses 200 liter darah setiap hari, menyaring keluar limbah dan menyangkut urin ke kandung kemih. Namun, ginjal butuh cairan yang cukup untuk membersihkan apa yang tidak dibutuhkan dalam tubuh, air putih adalah kuncinya.

4. Mencegah Penuaan Dini

Minum air putih adalah solusi untuk mencegah terjadinya penuaan dini, karena air putih dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, sehingga dapat mengencangkan kulit, mengecilkan pori-pori dan akan berdampak pada pencegahan penuaan dini.

5. Mengobati Sakit Kepala dan Migrain

Sakit kepala yang di alami bisa jadi karena kekurangan cairan pada tubuh, maka dari itu salah satu cara mengobati sakit kepala atau migrain adalah dengan meminum air putih yang banyak.

6. Mengontrol Kalori dan Menurunkan Berat Badan

Menurut sebuah penelitian, minum 500 ml air putih sebelum makan dapat membantu dalam menurunkan berat badan dengan lebih mudah.

Minum lebih banyak air putih dapat menyebabkan asupan kalori menurun dan mengurangi risiko kenaikan berat badan jangka panjang serta obesitas, terutama pada anak-anak. Hal ini dikarenakan secara natural air tidak mengandung kalori sehingga secara luas dapat mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com