MANFAAT WUDHU BAGI KESEHATAN


Wudhu adalah salah satu cara menyucikan anggota tubuh dengan air. Seorang muslim diwajibkan bersuci setiap akan melaksanakan salat. Berwudu bisa pula menggunakan debu yang disebut dengan tayammum.

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan taganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuhlah) kakimu sampai dengan kedua mata kaki.” (QS. Al-Maidah: 6)

“Sungguh ummatku akan diseru pada hari kiamat dalam keadaan bercahaya karena bekas wudhu’nya, (Abu Hurairah menambahkan) maka siapa yang mampu melebihkan panjang sinar pada tubuhnya, maka lakukanlah.”
(HR. Bukhari dan Muslim)

Ternyata apa yang disunnahkan Rasulullah SAW dan diperintahkan Allah SWT benar-benar memiliki manfaat yang sangat besar bagi kita. Berdasarkan hasil penelitian medis terkini,  banyak sekali rahasia dan manfaat air wudhu dan aktifitas berwudhu bagi kesehatan dan juga untuk kecantikan wajah yang mungkin jarang kita sadari dan ketahui.

Wudhu berati membersihkan dirikita, baik dari kotoran, kuman atau bakteri yang mengenai tubuh kita.wudhu dilakuan dengan niat terlebih dahulu berawal dari membasuh kedua telapak tangan, berkumur-kumur, menbersihkan hidung, membasuh kepala sangat jelas berarti membersihkan anggota badan bagian atas. Lalu di lanjutkan untuk membersihkan tangan sampai siku, lalu ke dua daun telinga, serta membersihkan kaki.

Manfaat Air Wudhu Bagi Kesehatan

  1. Membersihkan tangan. Kuman yang berada di sekeliling tanpa kita sadari menempel di tangan kita, Karena banyak aktifitas kita dengan menggunkan tangan untuk menyentuh atau memegang sesuatu dengan tangan,oleh karena itu sering berwudhu membersihkan tangan kita dari kuamn dan bakteri yang menempel.

  2. Mencegah sakit gigi dan gusi. Mulut yang bersih mencegah kita dari kuman dan bakteri yang menepel pada gigi dan gusi,dengan berkumur-kumur sekaligus membersihkan dan membuang sisa-sisa kotoran, kuman dan bakteri yang menepel pada gigi dan gusi yang bisa mengakibatkan peradangan pada gusi dan sakit gigi.

  3. Terhidar dari penyakit kulit. Proses berwudhu berarti menbersihkan sebain dari tubuh dengan membersihkan wajah,tangan,kaki dan sela-sela kuping, agar terhindar dari penyakit kulit seperti panu,kurap,kudis.

  4. Mencerahkan mata kita.Saat kita mencuci wajah dalam berwudhu, sudah pasti mata kita juga akan terkena air wudhu, ini sangat baik bagi kesehatan mata anda. air yang menerpa mata akan membuat mata anda rileks dan segar, sehingga mata anda akan kembali cerah setelah lelah bekerja.

  5. Menjaga kesehatan hidung. Dengan berwudhu dengan cara membersihkan kotoran yang menepel pada hidung, membersihkan dari debu dan kotoran dengan memcuci hidung ketika berwudhu berati membuang semua kotoran yang menempel di dalam hidung anda, sehingga hidung anda akan tetap sehat dan bebas dari kotoran.

 

Pabrik Tas di Indonesia

Konveksi Tas Idola Sebagai

Pengrajin Tas

Alamat Produsen Tas pembuat Tas

Seminar

Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

Bandung

No Hp 081-221-248-03

Telepon 022 – 520 6738

www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com