MENCONTOH LEADERSHIP RASULULLAH


“Setiap kalian adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas apa yang di pimpinnya, Seorang penguasa adalah pemimpin bagi rakyatnya dan bertanggung jawab atas mereka, seorang istri adalah pemimpin di rumah suaminya dan dia bertanggung jawab atasnya. Seorang hamba sahaya adalah penjaga harga tuannya dan dia bertanggung jawab atasnya. (HR Bukhari).

Keteladanan sifat-sifat utama yang harus kita teladani adalah Empat sifat rasul yang sangat mulia, yang harus ditiru dalam berkemimpinan baik pada diri sendiri maupun kepada orang lain:

  1. Shiddiq (Berkata Benar) sifat pertama yang wajib kita ikuti adalah bicara benar (tidak berbohong)
  2. Fathonah (Cerdas) sifat rasul yang kedua, akalnya panjang sangat cerdas dan sebagai pemimpin selalu berwibawa menyelesaikan masalah dengan tangkas dan bijaksana.
  3. Tablig (Menyampaikan Wahyu) sifat rasul yang ketiga Menyampaikan semua wahyu yang diterimanya dari Allah SWT tanpa menambahi dan menguranginya, baik yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan semua disampaikan tidak ada yang disembunyikan.
  4. Amanah (Terpercaya) sifat amanah dalam menyampaikan semua perintah Allah SWT dengan tidak dikurang dan tidak ditambah. Terpercaya dan selalu menunaikan amanah yang dibebankan kepada Beliau, hal itu digambarkan sejak kecil ketika beliau menggembala kambing. Sebelum maupun sesudah menjadi nabi, Rasulullah berperan dalam berbagai profesi, mulai dari penggembala ternak, pedagang, kepala keluarga, kepala pemerintahan, serta panglima perang. Semua dilaksanakan dengan sukses.

    Nabi Muhammad SAW menyampaikan hal-hal baik yang harus dilakukan oleh manusia didunia, seperti memiliki kerendahan hati dan membuang jauh baju kesombongan yang berada di dalam diri. Bahkan beliau pernah menyampaikan untuk senantiasa berguru atau berilmu pengetahuan sampai ke negeri China. Dengan begitu akan banyak umat Islam belajar berbisnis, dan memiliki pengetahuan luas tentang ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat dipelajari di negeri China. Jadi tidak ada pesan Rasulullah untuk belajar ke negeri Amerika. Beliau berpesan Tuntunlah ilmu ke negeri China yang berada di benua ASIA. Orang china itu terkenal dengan pandai berdagang, sangat ahli di bidangnya, dan mampu mengembangkan bisnis kewirausahaan yang mandiri. Sekaligus mampu mempertahankan bela diri dengan ilmu kungfunya yang hebat.
    Sebagai seorang pendidik, tentu kita harus mampu menanamkan kejujuran dan kepemimpinan untuk anak didik kita. Mereka harus kita latih dengan penuh keteladanan dan contoh-contoh yang baik. Adanya tawuran antar pelajar saat ini seperti yang terjadi di SMAN 6 Jakarta dengan wartawan adalah contoh nyata bahwa kejujuran dan kepemimpinan belum menjadi fokus utama kita. Mereka harus dilatih jujur, dan mandiri. Mampu mengembangkan minat dan bakatnya. Oleh karena itu tentu mereka sangat memerlukan guru profesional yang layak dan mampu membimbing mereka dengan baik. Guru yang amanah dan dan mampu dipercaya untuk membangun karakter peserta didknya menjadi manusia unggul yang luar biasa.

    Pabrik Tas di Indonesia

    Konveksi Tas Idola Sebagai

    Pengrajin Tas

    Alamat Produsen Tas pembuat Tas

    Seminar

    Jl. Leuwipanjang – Leuwi Sari V no 59

    Bandung

    No Hp 081-221-248-03

    Telepon 022 – 520 6738

    www.tasidola.com / www.pabriktas.co.id

    Email : info_dh@yahoo.com / info_tasidola@yahoo.com